Action
Sebuah karya yang biasanya menggambarkan perkelahian, kekerasan, kekacauan, dan gerakan-gerakan cepat.

Adult
Sebuah karya yang isinya hanya cocok untuk orang dewasa. Judul-judul yang masuk ke dalam kategori ini biasanya berisi banyak adegan kekerasan yang intens, dan atau gambar-gambar seksual serta ketelanjangan.

Adventure
Apabila seorang karakter melakukan sebuah perjalanan yang panjang untuk satu dan lain hal, itu adalah pertanda judul yang anda pilih adalah anime atau manga petualangan.

Comedy
Karya dramatis yang ringan dan seringkali humoris, mengandung sebuah resolusi, pemecahan masalah, atau kesimpulan yang bahagia akan sebuah konflik.


Doujinshi
Karya buatan fans berdasarkan suatu anime atau manga resmi tertentu.

Drama
Karya yang dimaksudkan untuk menarik keluar respons emosional dari pembaca, seperti rasa sedih atau ketegangan.

Ecchi
Karya yang mungkin berada di garis batas antara Hentai dan Non-hentai, ecchi biasanya menyajikan fanservice untuk menarik kelompok fans tertentu.

Fantasy
Karya apapun yang memasukkan unsur sihir, dunia impian, dan dongeng atau legenda.

Gender Bender
Wanita berpenampilan dan berpakaian seperti pria, begitu juga sebaliknya. Atau mungkin kasus lainnya adalah wanita berubah menjadi pria, dan sebaliknya.

Harem
Karya di mana satu karakter pria dikelilingi oleh banyak karakter wanita yang biasanya tertarik atau jatuh cinta padanya.

Hentai
Karya berbau seksual untuk orang dewasa dengan fokus pada gambar-gambar seksual dan adegan intim.

 Historical
Karya-karya yang berbau sejarah.

Horror
Karya yang dipenuhi oleh emosi-emosi seperti rasa takut, kekhawatiran, dan kebencian; emosi yang ditimbulkan oleh sesuatu yang menakutkan atau mengejutkan.

Josei
Secara harafiah artinya wanita. Target pembaca  / penonton adalah wanita dengan rentang usia 18-30. Level Josei setara dengan Seinen, di mana alur cerita romansa di antara karakter lebih realistis dan tidak terlalu idealis. Gaya penceritaannya lebih dewasa dan eksplisit.

Lolicon
Merepresentasikan ketertarikan seksual terhadap gadis di bawah umur.

Martial Arts
Sesuai dengan namanya, karya apapun yang berhubungan dengan seni bela diri.

Mature
Cukup umur; karya yang mungkin terlalu ekstrem untuk orang di bawah umur 17. Judul-judul yang masuk ke dalam kategori ini bisa berisi kekerasan intens, darah, konten seksual, dan bahasa-bahasa kasar.

Mecha
Karya yang melibatkan dan berkonsentrasi pada segala jenis mesin robot yang besar.

Mystery
Biasanya peristiwa yang tidak bisa dijelaskan terjadi, dan karakter utamanya harus melakukan segala cara untuk mencari penyebabnya.

Psychological
Biasanya berhubungan dengan keadaan pikiran dan jiwa; kondisi psikologi yang abnormal.

Romance
Karya apapun yang berhubungan dengan cinta.

School Life
Karya yang latar belakang ceritanya berfokus pada kehidupan sekolah.

Sci-fi
Karya fiksi ilmiah.

Seinen
Seinen artinya pria muda, manga dan anime yang secara spesifik menarget pembaca atau penonton berumur 18-25 tahun. Biasanya cerita Seinen menitikberatkan pada isu-isu kedewasaan seseorang.

Shotacon
Merepresentasikan ketertarikan seksual terhadap laki-laki di bawah umur.

Shoujo
Karya yang ditujukan untuk pembaca atau penonton wanita, biasanya melibatkan banyak romansa dan perkembangan karakter yang kuat.

Shoujo Ai
Biasa juga disebut yuri atau karya yang berfokus pada hubungan cinta di antara wanita (lesbian), tapi tidak terlalu ekstrem dan tidak berfokus pada hubungan intim. 

Shounen
Karya yang ditujukan untuk remaja, biasanya melibatkan perkelahian dan kekerasan.

Shounen Ai
Biasa juga disebut Yaoi atau karya yang berfokus pada hubungan cinta di antara pria (homo), tapi tidak terlalu ekstrem dan tidak berfokus pada hubungan intim.

Slice of Life
Genre yang merepresentasikan pergulatan kehidupan sehari-hari satu atau banyak karakter di dalam karya yang dimaksud. Biasanya karya-karya seperti ini memang terjadi di kehidupan nyata dan mirip dengan apa yang sering kita alami.

Smut
Karya-karya yang bisa dianggap sebagai tabu, najis, atau melanggar kesucian, terutama yang terkait dengan hubungan seksual.

Sports
Karya-karya yang berhubungan dengan kegiatan olahraga.

Supernatural
Karya-karya yang berisi kekuatan-kekuatan dan kejadian luar biasa yang tidak dapat dijelaskan, serta melanggar hukum fisika.

Tragedy
Karya yang berisikan kehilangan, kepedihan, dan kemalangan.

Yaoi
Karya yang berfokus pada hubungan intim di antara pria.

Yuri
Karya yang berfokus pada hubungan intim di antara wanita.